Sunday, August 9, 2009

Kiat Menghindari Spam di Email

Mendapatkan spam email memang sangat menjengkelkan bukan? Bukan hanya menuh-menuhin inbox anda, tapi sering juga bisa berupa email yang berbahaya dan bisa mencuri info-info penting seperti akun bank dan password anda. Spam bisa kita dapatkan dengan banyak cara, namun cara yang paling sering menyebabkan kita mendapat spam adalah dengan mengirim email itu sendiri. Hal yang paling tidak kita waspadai sehingga kita mendapatkan spam adalah dengan memasukkan atau mempublikasikan alamat email kita di beberapa situs yang tidak memberikan perlindungan spam pada pengunjungnya, bahkan malah kadang menjual alamat email anda kepada spammer (istilah untuk para pengirim spam atau program pengirim email otomatis). Namun jangan kawatir kawan, spam sebenarnya dapat dengan mudah anda hindari dengan mengikuti petunjuk-petujuk berikut:

1. Berhati-hati dalam memasukkan alamat email anda. Saat sebuah situs meminta anda memasukkan alamat email, anda harus yakin benar bahwa situs itu aman. Jika anda tidak yakin, tidak percaya atau menemukan sesuatu yang mencurigakan dalam situs itu, sebaiknya anda mencoba mencari info lebih lanjut mengenai situs tersebut di situs-situs pencari populer seperti google atau yahoo.

2. Menggunakan alamat email sekali pakai. Jika anda sudah kebelet untuk melakukan registrasi dan memasukkan alamat email anda di sebuah situs yang meragukan, gunakanlah layanan email sekali pakai seperti layanan email yang diberikan oleh Mailinator atau BugMeNot. Mereka menyediakan layanan alamat email temporer, yang bisa anda pakai untuk hanya menerima satu email saja, sehingga alamat email asli anda tidak perlu kena spam kan!

3. Jangan mengekspos alamat email anda. Dalam sebuah forum diskusi, mungkin anda diminta alamat email oleh seseorang agar dia bisa mengontak anda. Bagaimanapun, apa yang biasanya orang awam tidak sadari bahwa spammer akan dengan mudah mendapatkan alamat email anda jika anda mengetikkannya di lokasi-lokasi publik seperti forum, artikel atau web dengan tujuan orang lain bisa mengontak anda. Cara sederhana menghindari spam adalah dengan mengganti “@” dengan “AT” dan “.” (titik) dengan “DOT”, karena biasanya bots spammer (program/script kecil pencari alamat email otomatis) tidak akan mengenali alamat email anda atau bagaimana membacanya. Cara lainnya adalah dengan memberikan alamat email anda secara privat atau melalui pesan pribadi yang biasanya merupakan bagian terintegrasi dalam sebuah forum.

4. Gunakan email client atau web client yang bagus. Saat ini, biasanya sebuah filter anti-spam sudah diberikan pada sebagian besar email client secara gratis, namun kualitasnya tentu tidak sama. Jadi, untuk menghindari spam, memilih email client yang bagus adalah sebuah jawaban, karena sebuah email client yang bagus akan melakukan penyaringan (filter) pada email-email spam dan memisahkannya ke folder khusus, sehingga anda dapat dengan mudah menghapusnya sekaligus. Anda juga bisa menggunakan web mail client, yang bisa anda akses langsung melalui browser anda, seperti GMail (layanan email dari Google), karena mereka juga memiliki sistem anti-spam yang bagus.

5. Pakai perasaan. Cara ini mungkin sangat janggal secara teknis, namun saya sangat menyarankannya. Gunakan perasaan anda saat anda harus memasukkan alamat email anda pada sebuah formulir isian online!

6. Gunakan software anti spam. Download disini

Ok, semoga bermanfaat! Oya.. tips ini dipersembahkan oleh Issamu Okada di HowToDoThings! Saya hanya menterjemahkannya secara bebas. Kalau sudah ada, kenapa harus membuat bukan?! =)
(Sumber : http://netsains.com)


No comments: